Sunday, November 21, 2010

Saat Ini Waktu Terbaik Melihat Hujan Meteor Leonid

TAHUN 2010 merupakan waktu terbaik melihat hujan Meteor Leonid. Menurut para ahli Skywatching, puncaknya pada pekan ini untuk menyaksikan pertunjukan langit yang menakjubkan.

Leonid terlihat jelas menghiasi langit dan siapa saja dapat melihat hujan meteor. Ada 15 sampai 20 meteor per jam.

Skywatchers harus melihat ke arah rasi Leo di langit Timur untuk melihat bintang jatuh dari Leonids yang tampaknya memancar keluar dari konstelasi.

Waktu terbaik melihat Leonids berada di dua atau tiga jam terakhir sebelum matahari terbit.

"Ketika matahari akan terbit sekitar pukul 05.15 dan fajar muncul di timur. Langit akan gelap dan tak berbulan," ujar Joe Rao, kolumnis SPACE.com.

Hujan meteor Leonid adalah peristiwa tahunan yang terjadi setiap pertengahan November. Hujan meteor disebabkan material kiri di belakang komet Temple-Tuttle melewati orbit Bumi selama perjalanannya melalui tata surya.

Ketika Bumi dilewati material luar angkasa seperti komet, gas dan debu, semuanya akan memanas di atmosfer dan menciptakan meteor spektakuler.

Setiap 33 tahun, Bumi bertemu simpul padat. Dan terakhir tahun 2002 terjadi bintang jatuh yang menyilaukan. Selama hujan meteor, Anda bisa melihat ratusan bahkan ribuan meteor per jam. Tetapi tahun ini tidak sebanyak yang diharapkan. Mungkin disebabkan jejak yang kurang padat dari Komet Temple-Tuttle. (OL-9)

Sumber:
http://www.mediaindonesia.com/read/2010/11/11/182471/45/7/Saat-Ini-Waktu-Terbaik-Melihat-Hujan-Meteor-Leonid

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Printable Coupons